LABEL

Selasa, 22 Mei 2012

Raker Pengelolaan Keuangan Pilgub KPU Prov Sultra

Bosman, S.Si, SH, MH membuka Rapat Kerja
KPU Prov Sultra kembali menggelar rapat kerja yang bertajuk Pengelolaan Keuangan Pilgub Sultra. Raker yang dilaksanakan selama satu hari, tepatnya tanggal 17 Mei 2012 di Hotel Plaza Inn Kendari tersebut diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara selaku pengelola keuangan pemilihan gubernur di masing-masing KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Tenggara. Rapat Kerja dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara, Bosman, S.Si, SH, MH. Dalam sambutannya Bosman menerangkan bahwa Anggaran merupakan salah satu electoral supporting system yang sangat penting dalam pelaksanaan pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah, karena tanpa anggaran, tahapan penyelenggaraan pemilu tidak dapat dilaksanakan. Lebih lanjut dikemukakan bahwa karenanya maka diperlukan suatu pembekalan pengetahuan tentang mekanisme pengelolaan keuangan bagi pelaku-pelaku yang mengelolanya, agar akuntabilitas penggunaanya dapat dipertanggung jawabkan dan terhindar dari kesalahan-kesalahan administratif yang tidak diinginkan. Dalam kesempatan itu, juga diharapkan kepada seluruh peserta, agar mengikuti secara seksama seluruh materi yang akan di sampaikan dalam rapat kerja.

Bosman, S.Si, SH, MH menyematkan tanda peserta
Materi rapat keja meliputi Pengaturan Penganggaran Pemilihan Kepala Daerah menurut Permendagri No 44 Tahun 2007 dan perubahannya, yakni Permendagri No 57 Tahun 2009 yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Teknis dan Hukum KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Bosman, S.Si, SH, MH. bersama Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs Adnan Husainy, yang meliputi alur perencanaan anggaran, penatausahaan, dan pertanggung jawaban anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2012.
Bosman, S.Si, SH, MH dan Drs Adnan Husainy
Materi selanjutnya mengenai akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan daeran yang disajikan oleh unsur Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara, dan sesi terakhir mengenai Pembukuan dan Penatausahaan Keuangan Daerah yang dibawakan oleh unsur Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Di akhir sesi, diminta kepada seluruh peserta untuk memberikan masukan terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi atau yang akan dihadapi oleh setiap KPU Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pilgub. Acara ini kemdian ditutup secara resmi oleh Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Bosman, S.Si, SH, MH.

Tidak ada komentar: